Hacking Friendster ?! Siapa TaKut !?

 

      “Aduh, Fs gua dihack nih ! Gimana donk ?” Mungkin kamu pernah denger kalimat itu dari temen kamu atau kamu sendiri yang dihack . Friendster udah ga jadi hal asing buat kita. Tapi, apa kita bisa nyelamatin fs juga hal yang sudah tidak asing lagi buat kita ? Jawabnya bisa iya,bisa nggak ! Bertahan dari serangan lebih susah daripada melakukan serangan itu sendiri. Nah, supaya kita gak jadi korban dari kejahatan internet lagi, disini ada sedikit tips. Penasarankan ? Let’s Check it Out !!!

1.      Kamu harus tahu apa itu “Redirect to fake login”. Redirect to fake login artinya pengalihan ke halaman palsu. Sekarang nih, para hacker biasa makai trik ini supaya bisa dapetin imel ma password fs kamu. Tekniknya dengan ngubah halaman yang keinfeksi sama kode-kode HTML dan lain-lain buat ngalihin kamu ke halaman login. Jadi, kalau kamu lagi asik liat profil si “dia”,tapi tiba-tiba kamu log out otomatis.. Curiga dikit kayaknya nggak papa deh..?!

2.      Kalau logout otomatis, kamu cek n ricek lagi alamat yang ada di halaman login fsnya. Kalau seandainya www.friendster.com atau www.frienster.com/login.php kamu aman buat ngisi imel dan password  kamu. Tapi kalau ga’, back atau ketik lagi alamat fs yg asli. Nah,, contohnya kayak gini nih …

 

3.      Jangan asal terima testi. Soalnya kadang testi yang kita terima itu dimasukin script-script hacking. Selain redirect fake login,, ada teknik yang namanya testi layer injection. Trik ngubah profil jadi gambar si hacker. Cara ngatasinnya : di FS kamu klik setting – save mode     ( ubah jadi yes ) – hapus testinya – ubah save mode jadi no lagi.

4.      Untuk password lakukan pengubahan secara rutin. Misalnya sekali sebulan.

5.      Jangan pernah menggunakan password yang sama untuk account yang berbeda. Ada yang bilang password imel dan fs nya sama supaya ga ribet ngafal banyak password. Akibatnya sangat fatal, karena imel dan fs punya relasi yang ga terpisahkan. Jadi kalau password sama, fs kena hack, imel juga bakalan kena hack. Padahal kalau beda,password fs ja yang kecuri kita bisa request lagi lewat imel.

6.      Gunakan password minimal 6 karakter, kombinasi antara angka dan huruf. Contohnya pla5m4tv, 17a6ie, 5man54, dll. Tujuannya adalah buat ngindarin serangan brute force. Serangan ini adalah serangan coba-coba, artinya program brute force mencoba mencocokkan seluruh kata-kata yang ada sebagai password kamu.

7.      Terakhir,rajin-rajin singgah di situs sekuriti internet. Dijamin nggak bakalan rugi !! Banyak banget ilmu disana.  Disana jangan pernah takut untuk bicara walaupun kita ga’ tau apa-apa. Jadi ‘asbun’ dikit sih ga apa apa .Situsnya antara lain : yogyafree.net, echo.or.id, securityfocus.com, securityreason.com, jasakom.com, dll.

    

4 Comments

  1. iman said,

    August 31, 2008 at 2:22 pm

    ubah alamat fs says

  2. Poer said,

    October 10, 2008 at 3:21 pm

    wow…. thank yo mas….

  3. yanti said,

    November 12, 2008 at 5:58 pm

    klo cara ngehacknya ada gak??

  4. beechild said,

    November 12, 2008 at 6:49 pm

    cara ngehacknya sengaja gak saya tampilin. . males ngeposting code2 nya.. soalnya teknik yg saya pakai kebanyakan dengan kode php n html.. kalau anda mau bisa search di forum hacking aja..
    thanks.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: