Road To FK UNaNd

Pengalaman yang asik banget !! HuuuFf,, keren,,mantep,,cadazz,,ga cukup kata buat ngambarin pengalam gua. .  Gua mejeng di Lab anatomi ma histology anak fk unand.. walapun Cuma setengah ampe satu jam. . tapi,,..

Oke,,langsung ja..

Perjalan pertama gua mulai dari lab histology,, disana kita nemuin pembahasan tentang sel darah manusia,, ada gambarnya juga, ,  perdana gua liat sel darah.. bentuknya ada yang spiral memanjang (leukosit klo ga salah ) trombosit’a bentuknya kecil2 gitu de.. hehe,,trus banyak lagi yang di bilang lagi ama pembimbing’a,tapi gua Cuma jawab2 iya sok tau aja,,

Next,,yang paling menarik dari perjalanan gua adalah saat gua masuk yang namanya kamar mayat di lab anatomi. Disini katanya anak fk belajar. Gila !! belajar ama mayat. ! !   Disana suasananya biasa aja, tapi makhluk didalamnya ada yang dah mati,, ada yang udah dikuliti, ada yang udah dipotong kayak sapi kurban, Huuuf,,sayangnya gua ga boleh jepret kamera. . 

Meja pertama ada cadaver (mayat dalam bahasa kedokterannya) dah tewas. . .  ( ya iya dunk,,namanya juga mayat ). Dah tua,, keriputan, item karena dah lama diawetin pake formalin kale ya ?, trus isi perutnya dah dikeluarin..Pantesan perutnya kempis.. . Kayaknya cadaver pertama ini diambil dari gelandangan yang ga da punya keluarga,,

Meja berikutnya,, Disini yang paling bikin mata ma hidung gua ga enak bgt . . Ya formalinnya keras bgt.. Trus gua juga dekat ma tu meja organ. Disini ada organ asli manusia . . JANTUNG,,PARU-PARU,USUS, n yang paling narik perhatian gua OTAK MANUSIA. . ! ! aduh,,ga tahan ngeliatnya. .  Ada yang dah dibelah, ,  Dimeja ini instrukturnya juga ngasih nama2 latin gitu. . Tapi karena gua dah kaget campur serem gua ga nyimak lagi deh. .

            Trus ada meja tulang, , disini ga serem2 amat . .  Terrruuusss,, ada meja manusia yang udah kebelah. . !! mamaaaa !!! Pertama kali gua ngeliat isi perut manusia. .  Tapi bau bgt .  Disini gua dikasih tau yang mana diafragma, apendiks letaknya dimana, otot dada,, hati, jantung, dan lain2,,oia,, juga ada empedu hati. .

            Terus yang trakhis,,ada meja organ otot,, cadavernya dah dikuliti,, Serem ya ?? Untung dah mati, kalau dikuliti idup2 gimana ya ?? Seeerrreeeemmm… n yang paling berkesan disini buat gua, gua megang mayat man !! sel saraf ma pembuluh darah . . slh satu ilmu yg gua dapet disini, ‘dimana ada sel saraf disitu pasti ada pembuluh darah..’ trus ada juga ‘sel saraf terbesar letaknya dibelakang paha..’ namanya gua juga lupa tuh . .hhe..

            Ya itu dia,, perjalanan gua di kampus fk unand. . Asssiiikkk !! tapi sereeeemm. . .

Ilmu yang gua dapet disini dengan belajar di kedoktteran kita bisa tasbih terus.. Kenapa ? Karena kita tahu bahwa hanya dengan organ kecil kayak jantung bisa ngendaliin hidup kita. . tHanks God you give me a perfect organ. .

Leave a Reply

