Kepemimpinan untukQu..

Semuanya adalah seorang pemimpin,, seminimalnya untuk dirinya sendiri. Namun untuk menjadi seorang pemimpin untuk banyak orang bukan hal yang mudah. Yang pertama, seorang pemimpin itu harus bisa memahami semua kehendak dan perasaan semua orang yang ia pimpin. Bukan bekerja hanya dengan menuruti emosi dan egoisme. Caranya dengan membentuk suatu hubungan baik secara emosional dan spiritual.  Karena telah terbukti, suatu organisasi yang dijalankan tanpa adanya hubungan itu, organisasi akan mundur secara perlahan.

Yang kedua, , Ia harus mampu berpikir, bertindak, dan mengambil keputusan dengan cepat, tepat , dan mengikuti suara hati yang jernih. Suara hati manusia adalah petunjuk yang paling benar. Karena saat Allah SWT meniupkan ruh manusia, Dia telah melekatkan sifat2 Agungnya kepada kita lewat suara hati kita. Maka manfaatkanlah suara hati itu untuk berpikir, melakukan perubahan tanap membuat sebuah pihak meras dirugikan.

Ketiga,, Kepemimpinan itu adalah belajar, belajar untuk membentuk kepribadian. Seorang pemimpin hendaknya bisa menyalurkan sikap kepemimpinannya lewat sikap kesehariannya. Dari cara bertindak, mengambil keputusan, sampai menyelesaikan masalah. Ketenangan  seorang pemimpin sangat menentukan bagaimana sikap orang yang dipimpinnya .

Semua hal diatas, umunya hanya berkaitan dengan kemampuan emosianal. Lewat hubungan emosi antara seorang pemimpin dengan yang dipimpin. Kesimpulan, kepemimpinan itu adalah hubungan intra personal, membina hubungan dan mempertahankan persahabatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: