Masih Ada Keikhlasan Diantara Perhitungan

Sangat susah mencari seorang yang benar2 tulus dalam melakukan suatu pekerjaan. Umumnya setiap orang bekerja lebih untuk memenuhi materil, bukan untuk kebutuhan rohani dan jiwa yang bahkan bisa jadi lebih penting. Artinya uang bisa mengalahkan keikhlasan Allah SWT. Mungkin untuk uang semua orang bisa menghalalkan segala cara. Tidak untuk ridho Allah. Hanya hal2 yang dilandasi dengan keikhlasan yang akan membuahkan hasil.

Kenapa saya bercerita tentang hal ini. Simpel saja. Karena saya sendiri baru menemui orang yang mengutmakan ridho Allah daripada upah yang didapatnya. Cerita seperti ini mungkin sudah banyak anda dengar. Namun, tentu akan lebih bermakna jika hal itu kita alami sendiri.

Ini tentang seorang nenek penjual nasi di tempat makan sederhana. Mungkin beliau sudah berumur lebih dari 60 tahun. Tapi, fisik dan senyumannya masih seperti orang berumur kurang lebih 30 tahun. Usianya tidak mengurangi keterampilannya untuk melayani tamu2 restorannya. Kebetulan saya beli nasi untuk teman2  dan uang yang ada hanya sekitar 40 ribu untuk 8 bungkus nasi. Berarti 5 ribu satu bungkus. Awalnya saya agak takut karena takut uang yang saya miliki tidak cukup untuk 8 bungkus. Ternyata setelah saya bertanya , “nek, bisa gak 5000 satu bungkus ?”. Si nenek langsung menjawab “Bisa Naq !”. Sekejap saya agak tenang. Dan lalu saya berpikir kalau seandainya nasinya dikit ya gak apa-apa sih.. Namanya juga nasi 5000. Tapi ternyata. Posri yang diberikan bahkan hampir sama banyak dengan nasi yang harganya 9000 ditempat lain.

Saya termenung, Ternyata masih ada orang yang tidak memperhitungkan materil saat berdagang. Si nenek lebih mementingkan bagaiman dia bisa memberikan suatu hal yang terbaik untuk orang yang makan disana. Ya AllAH,, ternyata masih ada orang seperti itu diantara umatmu yang pelit ini ya Allah !!!

Allahu Akbar. !!!!

Leave a Reply

