Pemimpin Nomor satu dunia kalau mimpin seperti apa ya ?

Rasulullah, Nabi Muhammad SAW adalah pemimpin nomor satu di Dunia. Hal ini tidak hanya diakui oleh umat Islam saja.Berbagai kalangan tokoh agama di seluruh bagian dunia mengakui hal ini. Ini menunjukkan bahwa nabi Muhammad adalah orang yang paling patut kita jadikan suri tauladan untuk menjalani kehidupan yang fana ini.

Ciri-ciri kepemimpinan Rasulullah SAW :
1. Beliau bukanlah seorang yang pendendam. Walaupun beliau telah dicaci maki, dilempari dengan kotoran, Muhammad dengan kelapangan hatinya segera memaafkan orang tersebut.
2. Menjauhkan diri dari sifat iri, dengki, dan khianat.
3. Selalu membalas kejahatan dengan kebaikan
4. Berjiwa Sosial.
5. Beliau bukanlan orang yang sombong
6. Pemurah. Tak ada istilah perhitungan terhadap orang lain yang membutuhkan dalam hidup rasulullah. Selama masih ada yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain. Dengan Ikhlas, beliau akan memberikan sebagian dari yang ia punyai.
7. Tutur kata lemah lembut dan baik. Tiap kata-kata Rasulullah mengandung hikmah. Sehingga apapun yang disampaikan oleh rasullullah menjadi sitawasidingin terhadap orang yang mendengarnya.
8. Selalu berusaha jujur walaupun dalam keadaan terdesak.
” suatu kali ketika rasul sedang dalam perjalan, rasul bertemu dengan seorang pria yang lari tergesa-gesa dengan ketakutan. Tak lama kemudian datang Pria sangar membawa golok ditangannya. Ia bertanya kepada rasulullah, “Ya Muhammah, apakah kau melihat orang yang berlari tadi, dia adalah pencuri.
karena melihat pria tersebut tak dapat menaham emosinya dan khawatir akan membunuh pencuri tadi, maka beliau berpindah satu langkah dan menjawab ,” Selama saya berdiri disini saya tidak melihat orang berlari melalui saya “.

Dan bagaimana seorang pemimpin yang baik itu :
1. Berusaha menerapkan sikap-sikap kepemimpinan Rasul dalam kehidupan sehari-hari.
2. Patuh terhadap aturan Allah SWT dan ajaran Nabi Muhammad SAW.
3. Selalu berusaha menyelesaikan masalah dengan musyawarah.
4. Selalu menegakkan kebenaran dan keadilan diantara orang-orang yang dipimpin

Masih banyak sikap-sikap kepemimpinan Rasulullah yang dapat kita jadikan suri tauladan. Namun, satu hal yang menjadi kunci keberhasilan rasulullah dalam menjadi seorang pemimpin umat adalah, Beliau adalah orang yang selalu bersyukur dan berdoa kepada Allah SWT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: