Hal yang merusak Keimanan

Apapun yang kita lakukan hendaknya dapat bernilai ibadah bagi Allah SWT. Jangan sampai amal ibadah yang telah kita lakukan menjadi sia-sia karena Iman kita dirusak oleh beberapa hal, diantaranya:

  1. Sibuk dengan aib orang lain.

Suatu ketika , Aisyah melihat seorang wanita yang hitam dan tinggi. Kemudian ia bergumam dan menyebutkanapa yang ia lihat.”Alangkah tinggi dan hitamnya wanita itu.” Kemudian Rasulullah marah dan menyuruh aisyah meludah tiga kali. Kemudian Rasul menyuruh aisya agar segera menemui wanita tadi dan meminta maaf kepadanya. Aisyah pun menemui wanita itu lantas ia berkata,” Ya saudaraku, aku minta maaf karena telah mengatakanmu hitam dan tinggi.” Wanita tadi menjawab, ” Kau tak perlu minta maaf karena ini kenyataannya. Aku memang wanita yang tinggi dan hitam”.

Setelah kembali, aisyah segera bercerita kepada nabi. Dan rasulullah menjelaskan bahwa jika kita mengatakan aib orang lain baik itu kenyataan maupun tidak, kita berarti memakan bangkai saudara kita sendiri. Apapun amal ibadah yang kita lakukan, akan menjadi milik orang yang kita bicarakan. Karena itulah, rasul menyuruh aisya meludah tiga kali karena aisya telah dianggap memakan bangai saudarnya sendiri.

2. Terlalu cinta kepada dunia.

Cinta kepada dunia membuat kita melupakan kehidupan akhirat dan semena-mena terhadap orang lain. Citna ini menutup mata hati kita agar menapaki jalan yang telah ditetapkan oleh Allah. Contohnya saja, jika seseorang telah asik dengan kegiatannya dan melalaikan salat tepat waktu.

Sesunggunhnya agama Allah itu indah jika semua manusia mengetahuinya. Karena banyak hal-hal yang ada tapi tidak tampak didepan mata manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: