Virus Koobface Menyerang Facebook

Diperkirakan sekitar 120 juta pengguna Facebook diserang oleh virus bernama “Koobface” yang menggunakan fitur pengiriman pesan situs jejaring sosial tersebut untuk menginfeksi PC. Setelah menjangkit, virus juga akan berusaha mencari informasi sensitif seperti nomor kartu kredit. Koobface adalah serangan terbaru hacker yang menargetkan pengguna situs jejaring sosial.

“Beberapa jenis virus sebelumnya telah menggunakan Facebook untuk menggandakan dirinya,” kata juru bicara Facebook Barry Shnitt pada sebuah e-mail yang mengatakan bahwa “sebagian kecil dari pengguna” telah terjangkit virus ini. “Serangan seperti ini sedang marak, relatif dengan serangan lainnya seperti email,” kata Craig Schmugar, peneliti dari McAfee.

facebook_koobface

Koobface menyerang dengan mengirimkan pesan kepada teman dari pengguna yang PC-nya sudah terjangkit. Pesan yang dikirimkan berjudul seperti “You look just awesome in this new movie” yang akan membawa pengguna ke situs yang meminta pengguna mengunduh sesuatu yang diklaim sebagai update Flash player dari Adobe System, mirip seperti virus yang mengaku sebagai video YouTube.

Perlu diingat bahwa Koobface bukanlah jenis worm baru. Koobface pertama kali muncul di bulan Agustus walaupun varian pertama yang khusus menargetkan pengguna Facebook pertama kali terlihat bulan Rabu lalu.

Apabila pengguna mengunduh aplikasi tersebut, mereka akan terjangkit virus yang akan membawa pengguna ke situs-situs yang tekontaminasi saat mereka mencoba menggunakan search engine seperti Google, Yahoo, MSN dan Live.com, menurut McAfee.

Dalam blog McAfee yang ditulis hari Rabu kemarin, peneliti dari McAfee memperingatkan bahwa Koobface sedang melancarkan serangan pada Facebook.

Pesan yang diterima di Facebook hanya dapat dikirimkan oleh anggota Facebook saja, kata Chris Boyd, peneliti dari FaceTime Security Labs. Oleh karena itu, pengguna biasanya tidak terlalu curiga terhadap pesan yang mereka terima. “Pengguna biasanya lengah. Mereka berpikir bahwa untuk mengirimkan pesan Anda pasti sudah memasuki rekening Anda sehingga tidak mungkin dilakukan worm atau virus,” lanjut Boyd.

Situs jejaring sosial MySpace milik News Corp sudah diserang sebuah varian Koobface bulan Agustus kemarin, tetapi setelah diatasi oleh teknologi keamanan mereka, virus tersebut tidak menyerang lagi semenjak itu, kata juru bicara MySpace.

Facebook telah mengatakan kepada para pengguna untuk menghapus email terkontaminasi dan meminta pengguna mengunjungi www.facebook.com/security mengenai cara membersihkan komputer yang terjangkit.

McAfee belum mengidentifikasi pelaku di balik Koobface yang terus menerus mengembangkan kapabilitas virus tersebut untuk menembus sistem keamanan Facebook dan MySpace.

Klik di sini dan di sini untuk sumber artikel.

taken from : udaramaya.com

3 Comments

  1. ayesadiraa said,

    December 7, 2008 at 7:42 pm

    waduhh

  2. iman said,

    December 7, 2008 at 7:47 pm

    terima kasih atas infonya

  3. beechild said,

    December 7, 2008 at 7:52 pm

    ya kembali . .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: