Refleksi Akhir Tahun

Apa yang tlah kuberikan dan apa yang telah kudapatkan ?

Setiap saat hanya itu yang terfikir di benakku. Apa manfaat dari kehidupanku untuk dunia, dan apa yang telah dunia berikan kepadaku. Pengorbananku ditahun ini mungkin tak seberapa. Dan sayangnya banyak yang ku terima.  Seharusnya apa yang telah kuberikan untuk dunia lebih banyak daripada yang kuterima. Bukan materi, tapi pelajaran moril  yang banyak ku dapatkan ditahun ini.

For my parents. . Masih belum banyak. Buktinya aku masih sering kena marah gara-gara kadang masih lalai dalam segala hal. Ya setidaknya apa yang kudapat bisa membuat beliau bangga. Mulai dari ranking, prestasi akademik dan non-akademik yang telah aku toreh. Ya mudah-mudahan aja beliau tau kalau sekarang aku lagi ada dalam fase bimbang dan mencari siapa aku sebenarnya.

Leadership, bagaimana seharusnya seorang pemimpin yang adil bertindak dan mengambil keputusan. Bagaimana cara seorang pemimpin menjaga dan melindungi anggotanya. Memahami dan mendalami semua seluk perasaan anggotanya. Mungkin memang belum banyak yang aku lakukan untuk anggotaku di MPK dan untuk sekolah. Setidaknya pelajaran tahun ini bisa ku terapkan ditahun depan. Ya ! Pelajanran yang waktu ngedapatinnya mesti dibumbui ma sedikit air mata. . haha, , Learn n Do !

dsc033901dsc03570

Percintaan. Akhirnya kutemukan disekitar penghujung akhir tahun 2008. September. Ya, kujajaki dan ternyata masih ada secercah cahaya. Semuanya kusyukuri dan jalani apa adanya. Karena tak ada yang tahu seperti ada masa depan. Andai saja semua orang tahu bagaimana perasaan ini, pasti mereka kan melakukan hal yang sama seperti yang kulakukan. Masih tetap seperti dulu, semangat dan takkan putus asa sampai waktu memisahkan.

Kalau flashback sedikit tentang yang namanya cinta. Tahun 2008 tahun paling nekad dalam hidupku. Mulai dari Pensi Honda Beat di Smansa yang gua getarkan dengan 3 kata,” i love you” buat dia, Bunga,  saksi bisu taplau, dan yang terakhir aku datengin rumah dia pagi-pagi buta dan bangunin orang-orang rumahnya. haha, Gila dan aku akui kali ini logikaku dikalahkan ama rasa yang dinamai cinta.  Kadang aku gak peduli ma apa yang orang bilang, padahal kata si ayes” gak boleh juga kayak gitu, yang ngebantu kita nanti juga bakalan orang lain, gak boleh juga cuek n egois kayak gitu”. Ya, gimana lagi. Lagi-lagi logikaku udah dikalahin ama yang namanya cinta.  Pelajaran pertama tentang cinta : Jatuh cinta itu mudah, tapi mempertahankan cinta yang gak kesampaian itu susah bgt. Pelajaran kedua : jika kita udah memberi, jangan pernah ungkit lagi daan minta dia ngasih hal yang sama seperti apa yang udah kita kasih. Biarkan dia ngasih rasa yang bener-bener dia rasain walaupun itu cuma sedikit.

Tahun ini juga aku gak pernah nyangka bakalan bisa ngeeksplore musikalitasku.  Akhirnya mimpi buat bisa manggung di smansa sebagai best band jadi kenyataan.  Mulai manggung di smansa sama splendid dan ngedapetin best band di smansa juga ama splendid, ngewakilin smansa di Green Campus Smandu Festival juga ama splendid. Outstanding deh buat musikku tahun ini.

Akhir tahun ini, aku mendapatkan pelajaran yang berharga banget. Bukan tentang cinta ataupun hal sejenis. Tapi aku tahu kalai masa SMA ini masa-masa yang sepenuhnya diluar perkiraanku. Gak pernah nyangka bakalan bisa terjadi sebelumnya. Huff. 2008 yang penuh cerita.

img_0604dsc03492

1 Comment

  1. thesceneausthetic said,

    December 31, 2008 at 3:42 pm

    ndeh . baa lo namo ancak ambo bapajang stu ? haha


Leave a Reply

